IBX5980432E7F390 Fakta-fakta Salah Tentang Dinosaurus yang Dipercaya Selama Ini - AYO NAMBAH ILMU

Fakta-fakta Salah Tentang Dinosaurus yang Dipercaya Selama Ini

Fakta Dinosaurus – Dinosaurus adalah hewan yang hidup jutaan tahun yang lalu yang mana hanya sedikit informasi yang diketahui oleh orang-orang tentang makhluk yang satu ini. Tidak heran jika banyak asumsi tentang Dinosaurus yang sebenarnya tidak sesuai dengan fakta yang ada.

Fosil Dinosaurus pertama kali ditemukan pada tahun 1676 kira-kira sekitar 4 abad yang lalu. Namun begitu informasi tentang Dinosaurus sampai saat ini masih belum begitu lengkap, sehingga sering kali terdapat kerancuan mengenai fakta-fakta tentang hewan ini. Berikut ini terdapat beberapa fakta yang salah tentang Dinosaurus yang dipercaya orang-orang selama ini.

Fakta Salah Tentang Dinosaurus


1.    Semua Dinosaurus Berukuran Besar

Banyak orang yang beranggapan bahwa semua Dinosaurus berukuran raksasa. Hal tersebut dikarenakan pada kebanyakan film menampilkan jenis Dinosaurus yang ukurannya Jumbo, seperti T-rex dan Argentinosaurus. T-rex sendiri mempunyai panjang sekitar 12 meter dan berat badannya dapat mencapai 5 ton. Sedangkan Argentinosaurus, mempunyai panjang sekitar 30 meter dan beratnya mencapai 80 ton.
T-rex berukuran raksasa

Padahal fakta yang sebenarnya tidak semua Dinosaurus berukuran besar, seperti Protoceratops hanya sebersa kambing dan Velociraptor ukurannya hanya sebesar anjing jenis golden retriver.
Protoceratops

Bahkan ada juga Dinosaurus yang hanya seukuran kucing yaitu Hesperonychus dan terdapat juga yang seukuran kelinci yaitu Tianyulong yang merupakan Dinosaurus pemakan tumbuh-tumbuhan.

Tianyulong seukuran kelinci

2.    Semua Dinosaurus Kulitnya Bersisik

Dinosaurus selalu diasosiaikan dengan Komodo atau Buaya yang tubuhnya dilapisi dengan sisik. Memang benar bila kebanyakan Dinosaurus bersisik namun ada juga jenis Dinosaurus yang tidak memiliki sisik.

Pada Tahun 1970-an para Paleontolog berfikir kemungkinan terdapat Dinosaurus yang mempunyai bulu dan mempunyai hubungan kekerabatan dengan beberapa jenis burung. Kemudian pada tahun 1997 ditemukan Dinosaurus pemakan daging yang berukuran kecil jenis Sinosauropteryx memiliki bulu yang halus.
sinosauropteryx

Ternyata perkiraan para Paleontolog tersebut terbukti dengan semikn banyak ditemukannya jenis-jenis Dinosaurus yang mempunyai bulu. Ortnithopodan dan Heterodontosaurus merupakan Dinosaurus yang berbulu, bahkan dimungkinkan T-rex bukanlah Dinosaurus yang bersisik.

Ornithopodan

3.    Semua Dinosauarus Berwarna Coklat dan Hijau

Film-film seringkali menggambarkan Dinosaurus mempunyai kulit yang berwarna coklat, abu-abu dan hijau seperti pada film Jurassic Park. Faktanya Dinosaurus juga mempunyai warna yang bervariasi tidak hanya coklat, abu-abu dan hijau, bahkan ada yang mempunyai bentuk pola tertentu pada tubunya.

Dinosaurus berwarna

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinosaurus juga mempunyai melanin, sehingga sangat memungkinkan jika Dinosaurus mempunyai variasi warna tubuhnya seperti putih, hitam dan warna yang serupa dengan warna jahe. Selain itu, tubuh mereka juga memiliki motif garis maupun titik-titik pada bagian perut dan punggung guna berkamuflase. Seperti pada hewan lainnya, Dinosaurus juga punya warna mencolok guna menarik perhatian lawan jenisnya.

4.    Semua Dinosaurus Sudah Punah

Banyak yang mengira jika hantaman Asteroid yang terjadi sekitar 66 juta tahun yang lalu menimbulkan ledakan dahsyat yang menyebabkan kepunahan pada sebagian Dinosaurus. Selanjutnya ledakan tersebut juga memicu musim dingin yang panjang sehingga memusnahkan sisi Dinosaurus yang ada, namun faktanya tidak seperti itu.

Diperkirakan sekitar kurang lebih lusinan spesies Dinosaurus yang mempunyai bulu kecil selamat dari musim dingin panjang tersebut. Salah satunya dinosaurun yang selamat yaitu nenek moyang burung, yang lebih mengejutkan ternyata mereka masih sepupu dari T-rex.

Evolusi Trex

Tidak hanya selamat Dinosaurus jenis ini juga berkembang biak dan berevolusi mengahasilkan banyak spesies burung yang eksis sampai sekarang ini.

Itulah beberapa fakta yang salah tentang Dinosaurus, semoga infomasi ini menambah wawasan anda. Baca juga artikel menarik lainnya, Anak Cucu Kita Mungkin Tidak Pernah Tahu Betapa Kaya dan Majunya Indonesia Dahulu Kala.

0 Komentar Untuk "Fakta-fakta Salah Tentang Dinosaurus yang Dipercaya Selama Ini"

Post a Comment