Buah Mengkudu - Manfaat, Khasiat dan Pengobatan



Khasiat dan Manfaat Buah Mengkudu - Buah mengkudu mempunyai nama latin Morinda citrifolia, buah ini tergolong  kedalam famili Rubiaceae. Buah mengkudu memiliki sebutan beragam di beberapa daerah di Indonesia. Seperti diantaranya sebagai berikut; Pace, Kudu, Kemudu (Jawa); Kodhuk (Madura); Cangkudu (Sunda); Wengkudu (Bali) dan masih banyak lagi yang lainnya. Buah mengkudu yang belum matang biasanya dipakai untuk campuran rujak. Sementara untuk buah yang sudah masak dimanfaatkan untuk pengobatan.

Meskipun buah mengkudu mempunyai bau yang sangat tidak sedap, namun buah yang sudah masak mempunyai banyak khasiat dan manfaat bagi pengobatan. Hal tersebut dikarenakan terdapat beberapa kandungan zat di dalamnya, diantaranya yaitu morinda diol, morindin,  morindone, damnacanthal, asam kapril, metil asetil dan sorandiyiol.

Buah Mengkudu - Manfaat, Khasiat dan Pengobatan

Khasiat dan Manfaat Buah Mengkudu


Berikut dijelaskan ini beberapa khasiat dan manfaat buah mengkudu guna pengobatan tradisional disertai dengan contoh resep dan cara penggunaannya.

Mengatasi Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat diatasi dengan ramuan buah mengkudu ini. Caranya yaitu, sediakan dua buah Mengkudu yang sudah masak di pohon dan satu sendok makan madu. Buah mengkudu yang telah diparut atau dihaluskan, diperas untuk diambil airnya, selanjutnya dicampur dengan madu. Ramuan sebaiknya ini diminum secara rutin 2 hari sekali.

Menyembuhkan Batuk

Manfaat dan khasiat buah mengkudu yang lainnya yiatu dapat mengobati batuk. Caranya yaitu dengan membuat ramuan yang terdiri atas satu buah mengkudu dan setengah genggam daun poo (bujanggut). Bahan -  bahan tersebut direbus bersamaan dengan dua gelas air hingga tinggal tersisa satu gelas. Saring terlebih dulu airnya, kemudian diminum secara rutin 2 kali sehari tiap pagi dan sore, sampai batuk sembuh.

Obat Sakit Perut

Buah mengkudu ternyata juga berkhasiat untuk mengobati sakit perut.Bila Anda atau keluarga terserang sakit perut, caranya ambil saja dua hingga tiga lembar daun mengkudu. Setelah itu, cucilah sampai bersih, selanjutnya ditumbuk sampai halus, lalu ditambah sedikit garam dan diseduh air menggunakan air panas. Tunggulah ssmpai iarnya dingin, terakhir airnya disaring lalu diminum.

Mengobati Sakit Kuning

Liver atau sakit kuning juga dapat diobati dengan buah mengkudu. Bahan – bahan yang diperlukan yiatu dua buah mengkudu yang telah masak dan satu potong gula batu. Cara pembuatannya sangatlah mudah, buah mengkudu diparut lalu diperas untuk diambil airnya, kemudian air perasan tersebut dicampur dengan gula batu sampai merata dan sedikit dipanasakan. Setelah dinging,saring airnya, diminum dan diulangi dua hari sekali hingga sembuh.


Demam, Masuk angin dan infuenza

Bahan yang diperlukan yaitu satu buah mengkudu dan satu jari rimpang kencur. Caranya, kedua bahan tersebut direbus bersamaan dengan dua gelas air hingga mendidih dan hanya tersisa tinggal satu gelas. Setelah dingin, airnya lalau disaring dan ramuan tersebut dapat diminum secara ruti dua kali sehari, tiap pagi dan sore.

Mengatasi kulit bersisik

Buah mengkudu yang sudah masak memang memiliki banyak khasiat, salah satunya bagi kecantikan, buah mengkudu dapat dipakai untuk menghaluskan kulit. Caranya sangat mudah, bagian kulit yang bersisik digosok - gosok dengan menggunakan buah mengkudu tersebut sampai merata, dan dibiarkan selama 5 sampai 10 menit, selanjutnya dibersihkan dengan kain bersih yang sebelumnya telah dibasahi dengan air hangat.

Dewasa ini, buah mengkudu telah banyak dijadikan ekstrak dan dijual dalam kemasan sehingga lebih praktis. Baik dalam bentuk kapsul, jus, maupun sirup. Bagikanlah iformasi ini kepada teman dan saudara anda, supaya nambah ilmu dan wawasan....

Baca juga artikel menarik lainnya, 7 Manfaat Apel Untuk Hidup Lebih Sehat.

0 Response to "Buah Mengkudu - Manfaat, Khasiat dan Pengobatan"

Post a Comment