IBX5980432E7F390 Khasiat Buah Melon untuk Kesehatan Tubuh - AYO NAMBAH ILMU

Khasiat Buah Melon untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Buah Melon untuk Kesehatan Tubuh - Buah melon atau curcumis melo merupakan buah yang masih berkeluarga dengan buah labu, blewah dan semangka. Melon tergolong dalam keluarga Cucurbitaceae. Buah melon mempunyai daging buah yang bertekstur yang lebut dan mempunyai rasa yang manis serta segar. Hal ini dikarenakan melon banyak mengandung air.


Selama ini buah melon umumnya digunakan sebagai buah meja. Selain itu juga dapat dibuat jus dan isi atau campuran minuman es buah. Sebenarnya buah melon dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh kita, selain sebagai makanan karena buah melon banyak sekali khasiatnya untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan buah melon memiliki kandungan nutrisi cukup banyak yang terdapat pada buah ini.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Melon

Berikut ini kandungan nutrisi dan beberapa manfaat buah melon untuk kesehatan:

Sumber Vitamin A

Vitamin A mempunyai fungsi yang sangat penting bagi tubuh. Diantaranya adalah mejaga kesehatan mata, gigi, tulang, kulit, dan selaput lendir. Dalam 1 buah melon, dapat menyediakan 25% lebih banyak vitamin A dari kebutuhan harian.

Sumber Vitamin C

Vitamin C merupakan vitamin yang amat penting untuk tubuh kita. Vitamin bersifat sebagai sumber antioksidan yang menangkal radikal bebas sehingga meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Kebutuhan vitamin C harian untuk orang dewasa sekitar 90 mg. 1 cangkir buah melon sanggup memenuhi 1/3 kebutuhan vitamin C harian atau sekitar 30 mg.

Kandungan Likopen

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa likopen bisa menurunkan risiko serangan beberapa jenis kanker. Likopen juga mampu mencegah terjadinya serangan jantung. 1 cangkir buah melon mengandung 9 mg sampai 13 mg likopen.

Kaya Kalium

Kalium atau Potassium berguna untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil dan menjaga kesehatan jantung. Setiap harinya, orang dewasa membutuhkan sekitar 4700 mg kalium. 1 cangkir buah melon mampu menyediakan sekitar 43 mg kalium untuk diserap tubuh.

Mencegah Diabetes dan Stroke

Selain beberapa manfaat yang disebutkan di atas, buah melon juga termasuk buah yang rendah kandungan kalorinya dan juga rendah kadnungan lemaknya. Mengkonsumsi buah-buahan segar seperti melon ini dapat membantu mengurangi resiko terserang penyakit serius seperti stroke dan diabetes.

Menyehatkan Mata

Manfaat Buah melon juga mampu menyehatkan mata, buah ini sangat kaya akan kandungan zat betakaroten yang bermanfaat untuk meningkatkan ketajaman pengelihatan dan menjaga kesehatan mata. Betakaroten ini akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A, yang nantinya akan digunakan untuk memperbaiki meningkatkan fungsi mata.

Mencegah Kanker

Khasiat Buah Melon
Karotenoid merupakan pigmen sebagai zat pemberi warna pada buah dan sayuran. Kandungan karotenoid yang tinggi pada buah melon ini bisa mencegah serangan kanker, misalnya seperti kanker paru-paru dan  kanker payudara.

Ternyata selain enak dan segar dimakan, buah melon ini juga mengandung banyak sekali khasiat serta manfaat bagi kesehatan. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi yang satu ini. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada sanak saudara anda, karena berbagi ilmu berbagi kebahagiaan...

0 Komentar Untuk "Khasiat Buah Melon untuk Kesehatan Tubuh"

Post a Comment