Pengertian Hepatitis A - Gejala, Penyebab dan Pengobatan



Pengertian Hepatitis A - Hepatitis A adalah salah satu jenis penyakit yang bisa menyerang organ hati atau liver, penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus. Jumlah penderita penyakit Hepatitis A di seluruh dunia diperkirakan telah mencapai 1,4 juta jiwa pada untuk tiap tahunnya. Sementara untuk Asia Tenggara sendiri, kasus hepatitis A akut telah menjangkiti sekitar 400.000 orang tiap tahunnya dengan angka kematian hingga mencapai 800 jiwa. Sebagian besar dari pengidap hepatitis A merupakan anak - anak.

Gejala Hepatitis A

Gejala awal yang umumnya muncul mencakup demam, muntah, mual, nyeri pada sendi dan otot, serta mengalami diare. Pada organ hati telah mulai terserang, terdapat beberapa gejala lain yang akan muncul, yaitu urine akan berwarna gelap, tinja juga akan berwarna pucat, sakit kuning dan juga gatal - gatal. Selain daripada itu, perut di daerah bagian kanan atas juga akan terasa sakit terutama bila ditekan.

Akantetapi tidak semua penderit mengalami gejala hepatitis A seperti yang telah disebutkan tadi. Oleh karena itu, penyakit Hepatitis A ini tidak jarak sulit untuk disadari penderitanya. Biasanya hanya 1 dari 10 penderita hepatitis A di bawah usia 6 tahun yang mengalami sakit kuning. Sedangkan untuk remaja dan orang dewasa, penyakit hepatitis A ini umumnya menimbulkan gejala yang lebih parah dan sekitar 7 dari 10 akan mengalami sakit kuning.
 
Penyebab penyakit Hepatitis A yaitu virus hepatitis A yang mampu menyebar dengan sangat mudah. Cara penyebaran utamanya melalui minuman atau makanan yang sudah terkontaminasi oleh tinja penderita hepatitis A. Berikut ini beberapa faktor risiko yang bisa meningkatkan penyebaran virus yaitu meliputi:
1.       Sanitasi yang buruk.
2.       Berbagi jarum suntik.
3.       Kontak langsung dengan pengidap.
4.       Bekerja di area yang berhubungan dengan kotoran, misalnya selokan.
5.       Berhubungan seks dengan pengidap, terutama seks anal.
6.       Pria yang berhubungan seks dengan sesama pria.

Pengertian Hepatitis A

Risiko Komplikasi Hepatitis A

Infeksi hepatitis A biasanya tidak menyebabkan penyakit hati atau liver dalam jangka panjang (kronis) dan umumnya juga jarang yang berakibat fatal. Namun demikian, penyakit Hepatitis A ini berpotensi menimbulkan gagal hati terutama pada mereka yang sudah mengidap penyakit hati sebelum terinfeksi oleh hepatitis A dan juga pada penderita manula. Selain itu, untuk sebagian penderita infeksi Hepatitis A ini dapat kambuh atau kembali lagi.

Langkah Pengobatan Hepatitis A

Penyakit Hepatitis A tidak mempunyai langkah penanganan yang khusus karena sistem kekebalan (imunitas) tubuh akan menghilangkan virus ini dengan sendirinya. Langkah dalam pengobatan hepatitis A bertujuan untuk meringankan gejala - gejala yang diderita oleh pengidapnya. Penanganannya mencakup mengkonsumsi obat untuk pereda gatal, mual, sakit,  dan muntah sesuai dengan dosis. Organ hati juga butuh dibiarkan guna beristirahat, seperti dengan tidak mengkonsumsi minuman keras, alkohol dan juga harus berhati - hati dengan obat - obatan yang dapat berdampak pada hati.

Waktu yang diperlukan penderita untuk kembali pulih seperti semula dari penyakit ini, umumnya butuh beberapa bulan. Pengidap yang telah berhasil sembuh total akan mempunyai kekebalan tubuh (imunitas) terhadap penyakit Hepatitis A ini.

Cara-cara Mencegah Hepatitis A

Dikarenakan penyebaran utama Hepatitis A adalah melalui konsumsi sesuatu yang telah terkontaminasi, langkah pencegahan utama hepatitis A yaitu dengan menjaga kebersihan dan higenitas makanan. Langkah ini bisa dijalankan dengan mudah, seperti selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, menghindari konsumsi makanan masih mentah atau kurang matang dan juga menghindari jajan di pedagang – pedangan kaki lima.

Selain itu, vaksinasi hepatitis A juga mampu mencegah penyakit ini. Terutama untuk mereka yang memiliki risiko tinggi seperti orang yang menderita penyakit hati kronis, penderita hemofilia serta pengguna jarum suntik.



Penyebab dan Penularan Hepatitis A

0 Response to "Pengertian Hepatitis A - Gejala, Penyebab dan Pengobatan"

Post a Comment