Tidak Seperti yang Dibayangkan, Ternyata HandPhone (HP) Anak-anak di Jepang Fiturnya Seperti Ini

HandPhone Anak – Siapa yang tak kenal kenal barang yang satu ini, dari Balita sampai Manula saat ini sudah akrab berteman dengan Hand Phone (HP). Saat ini HP sudah bukan lagi barang mewah, berbeda dengan sekitar 10 tahun yang lalu. Dahulu hanya orang-orang penting saja yang mampu membeli barang ini, dikarenakan harganya yang relatif mahal. Bahkan kartu perdanya saja di jaman itu juga bisa dikatakan mahal, yaitu berkisar antara 500 ribuan hingga 1 jutaan.

Saat ini HandPhone baru dengan fitur yang canggih dapat dikantongi dengan harga berkisar 500 ribuan. HP tersebut sudah dilengkapi dengan fitur layar sentuh, Dual Sim Card, kamera, dan yang terpenting sudah menggunakan Operating System Android. Dengan kata lain dengan harga yang relatif murah sudah mendapatkan ponsel pintar atau yang lebih dikenal dengan nama SmartPhone dengan fitur yang canggih.

SmartPhone, nama tersebut diberikan karena kepintaran dari HP itu. Dengan adanya berbagai aplikasi yang berbasis Android di dalamnya dapat membantu mempermudah pekerjaan kita. Misalnya bingung arah atau alamat tinggal pakai GPS, binggung cara membuat atau mengerjakan sesuatu tinggal googling atau youtube. Sehingga dapat dikatakan dengan kepintaran HP tersebut mempermudah hidup kita.

Selain itu, Ponsel Pintar tersebut sangat mudah untuk dioperasikan sehingga tidak heran bila anak balita pun asyik bermain game dengannya. Fenomena saat ini, banyak anak SD atau bahkan TK yang sudah dibekali ponsel pintar oleh orang tuanya, dengan berbagai hal alasan tentunya. Mulai dari agar mudah diketahuai keberadaannya atau  juga sebagai alat edukasi.

Namun kecanggihan Posel Pintar tersebut tidak dapat dinikmati oleh anak – anak di Jepang yang notabennya sebagai negara Asia paling maju dibidang teknologi. Mengapa demikian? Ternyata pemerintah Jepang melarang anak yang belum cukup umur untuk mempunyai Ponsel Pintar, kemungkinan besar untuk menjauhkan dampak negatif dari pemakaian HP tersebut. Dampak negatifnya seperti apa? Maaf sebelumnya, mungkin dampak nyatanya sama seperti di Indonesia saat ini, sudah tidak sedikit video anak-anak yang bukannya main di tanah LAPANG justru main di RANJANG. Lantas bagaimana komunikasi anak-anak di Jepang dengan orang tuanya?

Nah untuk memenuhi kebutuhan komunikasi si anak dengan orang tua, pemerintah sudah merancang khusus Posel untuk anak-anak. Posel ini sengaja sudah dibuat khusus dengan fitur keamanan yang bisa membantu menjaga aktivitas anak-anak dan guna mencegah kasus penculikan.



Tidak Seperti yang Dibanyangkan, Ternyata HandPhone (HP) Anak-anak di Jepang Fiturnya Seperti Ini.


Ponsel ini juga dirancang agar tahan air dan tahan debu, sehingga lebih awet. Namun Ponsel ini hanya dapat digunakan untuk  menelepon ke beberapa nomor saja sekitar 3 atau 4 nomor, biasanya diisi dengan nomor keluarga seperti ayah, ibu, dan kakek/nenek. Selain nomor yang telah di set sebelumnya, Ponsel atau HP ini tidak dapat menelepon dan menerima telepon dari nomor lain. Untuk melakukan pengesetan nomor kita harus datang langsung ke providernya, tidak seperti di Indonesia yang dengan mudahnya memasukan nomor.

Ponsel ini juga mempunyai fitur GPS dan pelacak untuk memudahkan dalam memantau posisi anak,  dimana  dia berada. Fitur lainnya yaitu terdapat alarm di bagian atas Posel bila anak dalam keadaan darurat, anak dapat membunyikan alarm pada hp dengan cara menarik tali yang berada di atas Ponsel untuk mengeluarkan suara yang kencang (alarm). Dan secara otomatis GPS akan terkirim ke keluarganya sehingga keluarga dapat  tahu dimana posisi sang anak berada.

Kira-kira berapa biaya yang dibutuhkan untuk membeli ponsel ini?? Ternyata untuk mendapatkannya orang tua di Jepang tidak perlu mengeluarkan uang sedikitpun alias gratis, karena harganya ¥0. Akan tetapi orang tua akan dikenakan biaya perbulan. Walaupun Ponsel ini tidak mempunyai fitur game dan yang lainnya tapi Ponsel ini sangat berguna sekali untuk menjaga keamanan anak-anak. Dan tentunya dapat meminimalisir dampak negataif penggunaan HandPhone (HP).

Bagaimana tertarik membelikan anak anda ponsel seperti ini?

Silahkan Baca juga artikel menarik lainnya, Tumbuhan dapat berbicara lho!

0 Response to "Tidak Seperti yang Dibayangkan, Ternyata HandPhone (HP) Anak-anak di Jepang Fiturnya Seperti Ini"

Post a Comment