IBX5980432E7F390 Anak Cucu Kita Mungkin Tidak akan Pernah Tahu Betapa Kaya dan Majunya Indonesia Dahulu Kala - AYO NAMBAH ILMU

Anak Cucu Kita Mungkin Tidak akan Pernah Tahu Betapa Kaya dan Majunya Indonesia Dahulu Kala

Sejarah Indonesia – Saat ini Indonesia masih tergolong di kelompok negara berkembang, meskipun mempunyai sumber daya alam dan manusia yang melimpah ruah. Entah apa penyebabnya hingga kini Indonesia belum mampu memaksimalkan semua sumber daya itu secara mandiri. Padahal tidak sedikit orang Indonesia yang pandai nan jenius, akan tetapi semua itu belum cukup untuk membuat Indonesia menjadi negara yang kaya dan maju. Sudah tahukan anda bila ternyata negara Indonesia pernah menjadi negara yang kaya raya dan maju di zamannya? Dan bahkan negara Indonesia pernah menjadi ngera paling kaya di masa tersebut. Berikut ini adalah beberapa bukti jika negara Indonesia pernah menjadi negara kaya dan maju pada zaman dahulu kala.

1.    Negara Indonesia pada Zaman Dahulu Mempunyai Pulau Emas (Pulau Sumatra)

Pulau emas merupakan julukan untuk pulau Sumatra, karena pada zaman dahulu kala pulau Sumatra kaya akan hasil tambang yang berupa emas. Berdasarkan sebuah manuskrip Yahudi kuno disebutkan bahwa emas yang dipakai untuk membangun kota di kerajaan Nabi Sulaiman berasal dari kerajaan kuno yang berada di Timur.

Kerajaan tersebut dipercaya berada di wilayah negara Indonesia saat ini yaitu berada di pulau Sumatra. Bahkan berdasarkan pada sumber kuno dikatakan bahwa di pulau sumatra terdapat gunung yang mengandung emas. Jika hal itu benar adanya bisa dibayangkan kan betapa kayanya  negara Indonesia pada masa itu.

Sumatra pulau emas



Selain emas, ternyata di pulau Sumatra juga kaya akan hasil tambang lainnya, seperti timah hitam dan batu bara. Beberapa orang meyakini jika hingga kini pulau sumatra masih terdapat kandungan emas dan masih belum diketahui keberadaannya. Jika tambang tersebut diketahui bukan tidak mungkin pulau Sumatra kembali mendapat julukan pulau Emas.

Bahan tambang yang tidak kalah fenomenal yaitu kapur barus, pulau Sumatra merupakan salah satu penghasil kapus barus. Kapur barus di zaman Fir’aun dipakai sebagai salah satu bahan untuk mengawetkan mumi. Nama kapur barus menunjukkan dimana jenis kapur tersebut didapatkan yaitu di daerah yang bernama Barus.

2.    Negara Indonesia pada zman Dahulu Mempunyai Pulau Padi (Pulau Jawa)

Pulau jawa pada masa itu mendapatkan julukan sebagai pulau padi, karena keseburunnya sehingga menghasilkan panen yang melimpah terutanam panen padi. Hingga kini pun pulau Jawa masih terkenal akan kesuburannya, jadi tidak heran bila sebagian besar mata pencaharian penduduk pulau Jawa adalah petani.

Keseburuan itu tidak lain dikarenakan adanya gunung berapi yang tersebar di sepanjang pulau Jawa. Jika lahan di pulau Jawa dapat diolah secara maksimal bukan tidak mungkin menghasilkan panenan yang melimpah. Sehingga negara Indonesia tidak perlu mengimpor bahan pangan seperti sekarang ini.
Padahal pada zaman kerajaan Majapahit, pulau jawa mampu mengekspor garam, lada, kain dan berbagai sumber daya alam lainnya. Pada masa itu mata uang yang digunakan terbuat dari campuran timah, perak dan tembaga yang notabennya termasuk logam yang mulia.

Jawa pulau padi


Berdasarkan pada catatan Odorici da Pordenone seorang biarawan Roma pada tahun 1321, bahwa istana kerjaan Majapahit dipenuhi dengan banyak perhiasan emas, permata dan perak. Sungguh menunjukkan sebagai kerjaan yang kaya raya.

3.    Negara Indonesia juga Pernah Mempunyai Lumbung Energi (Pulau Kalimantan)

Pulau Kalimantan memperoleh julukan lumbung energi dikarenakan pulau ini dikenal sebagi pulau penghasil sember daya alam yang dapat menghasilkan energi yang melimpah. Sumber energi tersebut diantaranya yaitu minyak bumi, batu bara, gas dan panas bumi. Pulau Kalimantan juga mempunyai banyak cadangan uranium yang dapat digunakan sebagai  pembangkit listrik tenaga nuklir. Hasil tambang yang tidak kalah melimpahnya adalah emas, berlian dan batu permata.

Kalimantan pulau lumbung energi




4.    Negara Indonesia Mempunyai Teknologi yang Paling Canggih di Masanya

Pada zaman dahulu negara Indonesia mempunyai teknologin yang tercanggih. Berikut ini beberpa bukti yang menunjukkan betapa cangginya teknologi yang dimiliki waktu itu.

a.    Candi Borobudur.

Tidak mengherankan apabila Borobudur menjadi salah satu dari keajaiban dunia, mengingat betapa canggihnya teknologi pembangunannya di waktu itu. Candi ini dibangun sekitar tahun 824 M oleh Raja Mataram. Candi Borobudur memiliki tatanan arsitektur yang begitu rumit dan dindah. Candi ini tidak membutuhkan paku bumi guna membuat kokoh pondasinya.

Candi Borobudur Keajaiban Dunia


Sungguh sulit dibayangkan di zaman seperti itu bangsa Kita mampu membuat bagunan sesulit ini. Bahkan dengan kecanggihan teknologi saat ini pun kemungkinan sangat sulit untuk membuat bangunan yang menyamai candi Borobudur. Sungguh sangat menakjubkan ternyata nenek moyang bangsa Indonesia sudah mempunyai pengetahuan yang seperti itu.

b.    Kapal Raksasa Jung Jawa

Sebelum Laksamana Cheng Ho dan Columbus, ternyata para penjelajah dari nenek moyang Kita sudah melintasi seper tiga dari bola dunia. Walaupun sejak 500 tahun SM, bangsa China telah mengembangkan beragam jenis kapal. Akan tetapi berdasarkan catatan perjalanan keagamaan I Tsing sekitar 671 – 695 M dari Kanton menuju perguruan Nalanda yang berada di India Selatan, disebutkan jika dia menumpang di kapal Sriwijaya. Selain itu, terdapat bukti lain mengenai kemampuan nenek moyang bangsa Indonesia telah menguasai teknik pembuatan kapal yaitu berupa relief yang ada pada dinding Candi Borobudur.

Kapal Jung Jawa


Bagaimana hebat bukan nenek moyang bangsa Indonesia?Semoga artikel ini menginspirasi kita semua untuk berbuat yang terbaik baik bangsa dan negara yang kita cintai ini. Bukan tidak mungkin bila seluruh bangsa kita terutama para pemuda bangkit, Negara Indoneisa dapat kembali menjadi Negara yang Kaya raya dan Maju kembali...

0 Komentar Untuk "Anak Cucu Kita Mungkin Tidak akan Pernah Tahu Betapa Kaya dan Majunya Indonesia Dahulu Kala"

Post a Comment