LANGKAH MUDAH MENULIS ARTIKEL



LANGKAH MUDAH MENULIS  ARTIKEL


PENGERTIAN ARTIKEL
Artikel adalah salah satu bentuk karangan pendek yang memuat kata berkisar antara 300 sampai 1.000 kata, yang mana membahas tema tertentu yang bertujuan untuk menyampaikan pikiran terhadap sebuah realitas, baik yang berupa fakta, ataupun konsep tertentu.
Artikel banyak sekali jenisnya, diantaranya artikel eksposisi, deskripsi, narasi, persuasi, argumentasi,  dan artikel SEO (khusus untuk menulis online). Nah pada artikel kali ini akan mencoba membahas tentang langkah-langkah yang mudah untuk menulis sebuah artikel.

PENULISAN SEBUAH ARTIKEL
Berikut ini adalah langkah sederhana dalam menuliskan sebuah artikel :
1.    Menentukan Tema. Dalam menulis sebuah artikel tema bisa diibaratkan seperti nyawa dari artikel tersebut, karena dari tema tersebut dapat dikembang menjadi uraian kalimat hingga menjadi suatu artikel yang utuh. Pemilihan tema haruslah spesifik, semakin spesifik maka akan meningkatkan minat para pembacanya. Tema dapat dipilih berdasarkan minat penulis sendiri atau bisa juga berdasarkan materi yang  saat ini sedang dibicarakan oleh banyak orang. Tema ini juga dapat disesuaikan dengan tujuan penulisan artikel. Misalnya, penulis bertujuan untuk dapat memberikan informasi mengenai pendidikan maka tema artikel dapat diarahkan dengan hal yang berhubungan dengan pendidikan.
2.    Merumuskan ide pokok atau masalah. Setelah mendapatkan tema langkah selanjutnya yaitu menguraikan permasalahan-permasalahan  yang berhubungan dengan tema tersebut. Dalam menentukan permasalahan yang akan ditulis dapat menggunakan metode 5W+ 1H (What, Why, Where, Who,When + How).
3.    Mengembangkan Tema dan Pembahasan. Beberapa permasalahan yang telah didapatkan dikembangkan sesuai dengan jenis artikel yang akan dibuat. Permasalahan yang ada diuraikan secara terperinci, semakin detail masalah yang diungkapkan akan semakin baik. Karena memudahkan pembaca untuk mengetahui permasalahan yang sedang diangkat oleh penulis. Setelah itu berilah pembahasan mengenai langkah-langkah dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.
4.    Membuat Kesimpulan. Kesimpulan dapat diambil dari inti permasalahan dan solusi dari masalah yang diangkat. Dengan adanya kesimpulan dapat memudahkan pembaca untuk mengetahui inti dari masalah yang diangkat oleh penulis.

Demikianlah sedikit tips dalam menulis sebuah artikel, semoga artikel ini dapat memberikan sebuah manfaat bagi kita. Sekian dari penulis mohon maaf bila ada kesalahan, sampai jumpa pada artikel-artikel selanjutnya.

0 Response to "LANGKAH MUDAH MENULIS ARTIKEL"

Post a Comment