MENJADI GURU KREATIF



Guru merupakan salah satu ujung tombak dari sebuah pendidikan. Perkembangan pendidikan dapat ditinjau dari kualitas sumberdaya guru yang ada. Sehingga apabila ingin memperbaiki kualitas pendidikan maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah meningkatkan kualitas guru. 

Banyak yang mengatakan bahwa kata “guru” berasal dari ungkapana jawa “digugu lan ditiru”, di mana dapat diartikan guru harus dapat didengarkan dan dicontoh. Ungkapan tersebut seolah memberikan penghargaan yang amat tinggi untuk porfesi guru itu sendiri. Penghargaan tersebut perlu adanya suatu perimbangan yang harus dilakukan oleh guru, misalnya apabila guru bertindak melanggar norma maka pelanggaran ini sungguh sangat bertentangan dengan suatu ungkapan jawa tersebut. Memang sudah seharusnya guru memberikan contoh yang baik dan bernilai kepada anak didiknya. Untuk meningkatkan kreatifitas anak didiknya terlebih dahulu guru haruslah menjadi guru yang kreatif, baik dalam pembelajaran maupun dalam kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan masyarakat.

Sunyatno (2009,21) menyatakan beberapa sikap yang dimiliki oleh guru yang kreatif yaitu:
  1. keterbukaan terhadap pengalaman baru
  2. kelenturan dalam berfikir
  3. kebebasan dalam ungkapan diri
  4. menghargai imajinasi dan fantasi
  5. minat terhadap kegiatan kreatif
  6. kepercayaan terhadap gagasan sendiri
  7. kemandirian dalam memberikan pertimbangan sendiri

Lingkungan akan memberikan ide yang hebat dalam meningkatkan kreatifitas seorangan guru, asalkan guru berani bermimpi dan berani mewujudkan mimpinya itu. Pengamatan guru yang detail, konstan dan tidak kenal jenuh dapat menghasilkan hasil yang luar biasa. Hasil dari pengamatan guru dapat digunakan untuk meningkatkan kreatifitas guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran.

Metode pembelajaran merupakan penjabaran dari suatu pendekatan, metode merupakan prosedur pembelajaran yang difokuskan pada pencapaian tujuan. Kemudian dari metode dapat diturunkan mejadi teknik pembelajaran yang lebih aplikatif. Berikut ini adalah cara kreatif yang dapat diterapkan guru dalam menentukan metode pembelajaran;
  • 1.    Perhatikan tujuan pembelajaran
  • 2.    perhatikan karakteristik siswa
  • 3.    perhatikan kemasan materi pembelajaran
  • 4.    perhatikanlah situasi dan konteks belajar siswa
  • 5.    perhatikan sumber belajar yang ada
  • 6.    perhatikan waktu yang tersedia
Kesimpulan yang dapat diambil dari tulisan ini yaitu guru harus menjadi contoh yang baik bagi anak didiknya, guru harus meingkatkan kreatifitasnya dan guru harus cermat dalam menentukan metode pembelajaran.

0 Response to "MENJADI GURU KREATIF"

Post a Comment