Guru merupakan salah satu ujung tombak dari sebuah
pendidikan. Perkembangan pendidikan dapat ditinjau dari kualitas sumberdaya
guru yang ada. Sehingga apabila ingin memperbaiki kualitas pendidikan maka
langkah pertama yang perlu dilakukan adalah meningkatkan kualitas guru.
Banyak yang mengatakan bahwa kata “guru” berasal dari ungkapana jawa “digugu lan ditiru”, di
mana dapat diartikan guru harus dapat didengarkan dan dicontoh. Ungkapan
tersebut seolah memberikan penghargaan yang amat tinggi untuk porfesi guru itu sendiri.
Penghargaan tersebut perlu adanya suatu perimbangan yang harus dilakukan oleh
guru, misalnya apabila guru bertindak melanggar norma maka pelanggaran ini
sungguh sangat bertentangan dengan suatu ungkapan jawa tersebut. Memang sudah seharusnya guru memberikan contoh yang baik dan bernilai kepada anak didiknya.
Untuk meningkatkan kreatifitas anak didiknya terlebih dahulu guru haruslah
menjadi guru yang kreatif, baik dalam pembelajaran maupun dalam kegiatan sehari-hari
yang berhubungan dengan masyarakat.
Sunyatno (2009,21) menyatakan beberapa sikap yang dimiliki
oleh guru yang kreatif yaitu:
- keterbukaan terhadap pengalaman baru
- kelenturan dalam berfikir
- kebebasan dalam ungkapan diri
- menghargai imajinasi dan fantasi
- minat terhadap kegiatan kreatif
- kepercayaan terhadap gagasan sendiri
- kemandirian dalam memberikan pertimbangan sendiri
Lingkungan akan memberikan ide yang hebat dalam
meningkatkan kreatifitas seorangan guru, asalkan guru berani bermimpi dan berani
mewujudkan mimpinya itu. Pengamatan guru yang detail, konstan dan tidak kenal
jenuh dapat menghasilkan hasil yang luar biasa. Hasil dari pengamatan guru
dapat digunakan untuk meningkatkan kreatifitas guru dalam rangka meningkatkan
kualitas pembelajaran.
Metode pembelajaran merupakan penjabaran dari suatu
pendekatan, metode merupakan prosedur pembelajaran yang difokuskan pada
pencapaian tujuan. Kemudian dari metode dapat diturunkan mejadi teknik
pembelajaran yang lebih aplikatif. Berikut ini adalah cara kreatif yang dapat
diterapkan guru dalam menentukan metode pembelajaran;
- 1. Perhatikan tujuan pembelajaran
- 2. perhatikan karakteristik siswa
- 3. perhatikan kemasan materi pembelajaran
- 4. perhatikanlah situasi dan konteks belajar siswa
- 5. perhatikan sumber belajar yang ada
- 6. perhatikan waktu yang tersedia
Kesimpulan yang dapat diambil dari tulisan ini yaitu guru
harus menjadi contoh yang baik bagi anak didiknya, guru harus meingkatkan
kreatifitasnya dan guru harus cermat dalam menentukan metode pembelajaran.
0 Response to "MENJADI GURU KREATIF"
Post a Comment