KANDUNGAN GIZI SI DAUN KELOR YANG LUAR BIASA



KANDUNGAN GIZI SI DAUN KELOR YANG LUAR BIASA


Apabila mendengar daun kelor kebanyakan orang akan berfikir ke arah klenik atau sihir. Karena sudah acapkalai kita mendengar bahwa daun kelor dapat digunakan untuk mengobati sihir atau guna-guna. Akan tetapi kali ini akan dibahas mengenai kandungan gizi pada daun kelor ini, yang mana masih sedikit dari masyarakat yang mengetahi kandungan yang luar biasa dari si daun ajaib ini. 

Orang-orang terdahulu berdasarkan pengalaman (belum terdapat penelitian yang mendukung) menyatakan bahwa daun kelor dapat mencegah ratusan macam penyakit. Saat ini seiring berjalannya waktu dan perkembangan ilmu pengetahuan, telah banyak para ahli yang meneliti kandungan gizi dari daun kelor. Hasil dari penelitian tersebut mengatakan bila kandungan gizi dari daun kelor dapat memperkuat tubuh manusia dan mencegah berbagai macam jenis penyakit.

Apabila dibandingkan dengan buah atau minuman lain yang sarat dengan kandungan gizi tertentu, setiap lembaran daun kelor yang masih segar dalam berat yang sama mengandung berbagai unsur gizi yang lebih kompleks. Unsur gizi yang terkandung dalam daun kelor yaitu protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Oleh karena itu tidaklah berlebihan bila daun kelor dikatakan sebagai tumbuhan yang mampu memenuhi hampir seluruh kebutuhan gizi manusia.

Perbandingan vitamin-vitamin yang terdapat dalam daun kelor yang masih segar dengan daun kelor yang sudah dikeringkan dalam satuan berat yang sama dapat dilihat pada tabel berikut:

Selain perbandingan vitamin yang dimiliki daun kelor, beberapa studi juga menunjukkan beberapa perbandingan kandungan zat lain yang bermanfaat. Berikut ini adalah tabel perbandingannya:



Hasil penelitian di atas yang berkaitan dengan kandungan daun kelor segar merupakan hasil penelitian dari C. Gopalan, et al di National Institute of Nutrition in Hyberabad,India. Sementara untuk kandungan daun kelor dikeringkan merupakan hasil dari penelitian Lowwel J. Fuglie yang didukung oleh The Departement of Engineering the University of Leicester, Inggris.

Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman dan saudara supaya nambah ilmu dan wawasan, semoga bermanfaat...

0 Response to "KANDUNGAN GIZI SI DAUN KELOR YANG LUAR BIASA"

Post a Comment