IBX5980432E7F390 AYAH BUNDA, INILAH CARA MENINGKATKAN KECERDASAN PADA ANAK BALITA - AYO NAMBAH ILMU

AYAH BUNDA, INILAH CARA MENINGKATKAN KECERDASAN PADA ANAK BALITA

Kecerdasan Anak - Orang tua mana yang tidak bahagia bila anak mereka cerdas dan sehat. Selain faktor genetis ternyata kecerdasan anak dipengaruhi oleh lingkungan dan pola pengasuhan di saat tumbuh kembang kembang mereka, terutama di usia emas mereka.

Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak Balita

Berikut ini akan dibahas beberapa cara untuk meningkatkan kecerdasan pada anak balita.

1.    Mengajak bicara

Biasanya balita di usia 18 bulan dan 2 tahun akan belajar satu kata per minggu. Pada usia 2 tahun anak sudah mampu mengucapkan sekitar 50 sampa 100 kata. Semakin sering kita berbicara pada balita maka akan semakin banyak kata baru yang mereka pelajari. Salah satu langkahnya dengan cara menceritakan kegitan orang tua ketika tidak bersa dengan si balita. Hal tersebut dapat mengekspos berbagai kata baru kepada mereka. Selain itu, bisa juga dengan membacakan buku-buku cerita kepada anak. Alangkah lebih baik lagi bila menggunakan suara yang berbeda untuk tiap karakter dalam cerita, sehingga dapat membangkitkan daya imajinasi si anak balita.

2.   Membuat ruang kreatif

Kreatifitas merupakan salah satu indikator kecerdasan si anak, sehingga perlu adanya usaha untuk meningkatkan kreatifitas tersebut. Salah satu caranya yaitu dengan menciptakan lingkungan yang imajinatif dan bersahabat. Hal paling sederhana contohnya dengan ruang kamar untuk bermain anak yang diberika warna-warni pada dindingnya. Serta dapat memberikan beberapa main edukatif yang kini sudah mulai banyak  dipasaran. Yang perlu diperhatikan saat membeli mainan yaitu tingkat keamaan bagi kesehatan si anak balita, sperti cat yang sesuai atau tidak.

3.    Mengarahkan emosi anak

Mengembangkan kecerdasan emosional anak penting untuk perkembangan kognitif dan sosial anak. Ketika orang tua mencoba membantu anak belajar membaca isyarat emosianal, si anak balita harus dilibatkan dalam segala sesuatu yang orang tua lakukan. Misalnya ketika anak sedang bermain boneka, tidak sengaja ada anak lain yang menjatuhkan boneka tersebut. “Maaf ya sayang, temanmu tidak sengaja. Ayo, bilang ke temanmu jika kamu baik-baik saja”. Orang tua harus membantu anak untuk melihat hal tersebut sebagai suatu kecelakaan, sehingga tidak perlu marah, dendam, atau hal itu disengaja. Dengan membantu anak menghubungkan tindakan dan persaannya, berarti Orangtua sedang membangun kecerdasan emosional yang akan terus dimiliki anak seumur hidup.




Cara Meningkatkan kecerdasan Pada Anak

4.     Memuji anak

Studi telah menunjukkan bahwa anak-anak akan bekerja lebih keras dan melakukan hal yang lebih baik saat orang tua memuji usaha mereka, bukan kecerdasan mereka. Maka dari pada mengatakan, “ Wah.. anak Ayah/Bunda  pinter sekali”, Lebi baik katakan “ Waw, kamu pasti sudah berusaha keras ya untuk mendapatkan hasil ini”. Fokusnya pada usaha untuk menghasilkan suatu karya, bukan pada hasilnya.

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan kecerdasan pada anak balita, mari Ayah Bunda segera terapkan langkah di atas agar anak kita menjadi anak yang cerdas. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman dan suadara supaya nambah ilmu dan wawasan, semoga bermanfaat....

Baca juga artikel yang lainnya, Makanan untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak.

0 Komentar Untuk "AYAH BUNDA, INILAH CARA MENINGKATKAN KECERDASAN PADA ANAK BALITA"

Post a Comment