TERLALU LAMA MENANGIS KECERDASAN ANAK MENURUN

Kecerdasan Anak - Mitos yang selama ini berkembang adalah menangis baik untuk anak terutama bayi karena memperkuat jantung. Sehingga sering kali orang tua membiarkan si anak menangis beberapa saat terlebih dahulu. Perlu diketahui mitos tersebut sama sekali salah, yang ada bayi akan mengalami dampak yang buruk bagi perkembangan fisik dan mentalnya.

Membiarkan anak menangis terlalu lama ternyata dapat merusak perkembangan otaknya. Seorang pakar kesehatan anak Penelope Leach menemukan bahwa anak atau bayi yang tertekan perasaanya berkali-kali dan dibiarkan menangis lama beresiko mengembangkan masalah di kemudian hari. Hasil studi menunjukkan bahwa otak anak yang dibiarkan menangis dalam jangka waktu yang lama dapat beresiko mengalami kerusakan otak sampai 15%. Hal tersebut tersebut akan berdampak pada kapasitas si anak untuk belajar. Kemuadian Leach menegaskan bahwa hal tersebut bukanlah hanya sekedar pendapat saja, tetapi merupakan sebuah fakta bila membiarkan bayi menangis dalam jangka waktu yang lama berpotensi untuk merusak 1 miliar sel otak si bayi. Jadi kenapa orang tua harus mengambil resiko yang begitu besar.

Disadari maupun tidak, tindakan membiarkan bayi menagis masih sering kita jumpai di lingkungan sekitar kita. Perlu adanya edukasi khusus terhadap orang tua agar senantiasa menjaga dan merawat perkembangan otak si anak atau bayi. Karena perkembangan otak sangat penting bagi proses belajar anak untuk menjadi manusia yang lebih dewasa, lebih khusus lagi untuk belajar tenang ilmu pengetahuan di sekolah.

KECERDASAN ANAK


Selain merusak perkembangan sel otak, menangis dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan ketidakstabilan hormon dan bahan kimia di dalam otak anak. Berdasarkan hasil kajian didapati, anak yang sering dibiarkan sendirian dalam suasana yang tertekan mempunyai tahap lambakan hormon Kortisrol (stress related hormone) yang abnormal. Dr. Allan Schore dari UCLA School of Medicine menjelaskan lambakan hormon ini memusnahkan hubungan antara saraf di bagian penting otak bayi yang sedang berkembang.

Sudah jelas bahwa apapun alasanya membiarkan anak menagis dalam waktu yang lama sudah harus segera dihindari dan ditinggalkan, karena banyak dampak buruk yang akan dialami anak. Segeralah datang dan hampiri anak anda saat dia mulai menangis, serta segera hiburlah dengan berbagai cara agar segera berhenti menangis.

Jangan lupa bagikan infromasi ini kepada teman dan saudara supaya nambah ilmu dan wawasan, semoga bermanfaat...

Baca juga artikel menarik lainnya, Sungguh Mengejutkan, Inilah Efek Memandikan Anak dengan Air Dingin.

0 Response to "TERLALU LAMA MENANGIS KECERDASAN ANAK MENURUN"

Post a Comment