IBX5980432E7F390 ORANG TUA WAJIB TAHU TANDA-TANDA AUTISME PADA ANAK - AYO NAMBAH ILMU

ORANG TUA WAJIB TAHU TANDA-TANDA AUTISME PADA ANAK

Autisme Anak - Akhir-akhir ini sering muncul istilah Autisme dalam pembahasan kesehatan dan prekembangan pada anak. Anda sebagai orang tua mungkin bertanya-tanya seperti apakah tanda-tanda autisme itu. Berikut adalah daftar beberapa tanda-tanda yang berkaitan dengan autisme. Apabila Anda melihat tanda-tanda ini pada anak, segeralah konsultasi dengan dokter agar anak Anda segera dievaluasi. Perlu diketahui, semakin cepat Autisme ditemukan semakin baik kemungkinan untuk mengobatinya.

TANDA-TANDA AUTISME PADA ANAK

Berikut ini beberapa tanda autisme pada anak:

1. Anak tidak mencapai tahap perkembangan sesuai waktunya.

Setiap anak memiliki tahap perkembangan yang berbeda-beda. Beberapa anak akan merangkak di usai empat bulan sementara yang lain dapat merangkak pada usia yang lebih lama. Hal tersebut bisa saja merupakan hal yang normal. Masalahnya dimulai ketika anak selalu terlambat di setiap waktu perkembangannya. Jika anak Anda tidak memenuhi tahap perkembangan segeralah konsultasi dengan dokter anak.

Tanda Autisme Anak

2. Anak tidak berbicara.

Anak-anak mulai untuk belajar berbicara pada usia yang berbeda. Beberapa akan mulai berbicara pada usia yang sangat muda sementara yang lain, baru akan mulai mengucapkan kata beberapa bulan lebih lama. Hal ini merupakan sesuatu yang sangat normal. Namun, apabila anak Anda belum mulai mengoceh pada usia sesuai waktu perkembangan, hal itu merupakan tanda untuk lebih waspada. Sebagian besar anak-anak akan mengatakan beberapa kata pada saat mereka berusia enam belas bulan. Bila terjadi kelambatan dalam bebicara, Anda dapat mulai menanyakan hal tersebut pada dokter apakah perlu dilakukan evaluasi.


3. Tidak ada kontak mata.

Saat Anda berbicara dengan bayi dan anak-anak, kebanyakan dari mereka akan melihat Anda sebagai sumber rangsangan suara. Pada anak-anak autis sering kali tidak memberikan kontak mata ini. Alih-alih memberikan kontak mata, justru mereka terlihat seperti orang linglung dan tidak bisa fokus memperhatikan Anda. Anak Autis tidak dapat menunjuk pada suatu objek. Saat Anda mencoba menunjukkan suatu objek pada mereka, mereka tidak akan melihat kepada objek tersebut.


4. Anak tidak menunjukkan emosi.

Anak-anak autis lebih sering tidak menunjukkan emosi apapun. Mereka tidak tersenyum kembali ketika seseorang tersenyum pada mereka. Mereka tidak akan menunjukkan sikap peduli apapun ketika seseorang di sekitar mereka menagis ataupun mengekspresikan rasa sakit. Anak penderita Autistis biasanya tidak suka akan pelukan dan rangkulan. Mereka tidak akan meminta untuk orang tua mereka untuk memeluk mereka.

5. Suka bermain dengan diri mereka.

Anak Autistis biasanya lebih suka bermain sendiri. Mereka merasa lebih nyaman dengan diri mereka sendiri. Mereka sulit berteman dengan anak lain. Mereka tidak tahu bagaimana berhubungan dengan anak-anak lain. Mereka tidak mengerti ketika anak lain bercanda dengan mereka. Mereka mengambil semua yang dikatakan kepada mereka secara harfiah.

6. Anak kehilangan keterampilan akan pengetahuan mereka.

Anak penderita autis nampaknya telah belajar untuk berbicara dan kemudian hari seolah-olah mereka lupa bagaimana cara untuk berbicara. Mereka dapat belajar keterampilan baru, akan tetapi seminggu kemudian  mereka tidak tahu bagaimana melakukannya. Anak penderita autis sering kehilangan keterampilan yang telah mereka pelajari. Hal inilah yang menjadi penyebab kurangnya pengetahuan dan ketrampilan pada anak autis.

Ini hanya beberapa dari tanda-tanda autisme pada anak. Apabila Anda melihat salah satu dari tanda-tanda tersebut  pada anak Anda, segeralah lakukan konsultasi dengan dokter anak. Anak Penderita autisme tidak selalu memiliki semua tanda tersebut. Dengan mendapatkan diagnosis yang tepat sesegera mungkin, akan lebih memungkinkan untuk mendapat pengobatan yang lebih cepat.

Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman dan saudara supaya nambah ilmu dan wawasan, semoga bermanfaat...
 
Baca juga artikel menariklainnya, Stimulasi Otak Anak dengan Mainan.
 
 




0 Komentar Untuk "ORANG TUA WAJIB TAHU TANDA-TANDA AUTISME PADA ANAK"

Post a Comment