IBX5980432E7F390 5 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan Tubuh - AYO NAMBAH ILMU

5 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan Tubuh
Mentimun merupakan tanaman yang masih berkerabat dengan semangka. Mnitimun dapat dimakan secara langsung maupun dimasak terlebih dahulu. Mentimun salah satu buah yang banyak mengandung air. Buah ini memiliki rasa yang unik karena rasa yang paling dominan hanyalah rasa segar tanpa ada rasa yang lainnya. Akan tetapi bila mentimun sudah sangat tua akan sedikit terasa asam.

Senyawa yang terkandung di dalam mentimun antara lain saponin, flavonoida, polifenol, asam malonat, vitamin E, kukurbitasin C. Mentimun ternyata dapat dijadikan bahan alami untuk obat tradisional. Yang mana mentimun bermanfaat untuk mengobati sariawan, tekan darah tinggi dan juga disentri.

Mentimun dari dulu sudah dimanfaat oleh kaum wanita untuk merawat kecantikan kulit dengan jalan menjadi mentimun sebagai masker. Kandungan saponin, flavonoida, polifenol, asam malonat, dan vitamin E sangat baik untuk kesehatan kulit wajah. Saat ini sudah banyak produk kecantikan yang mengunakan mentimun sebagi bahan bakunya.

Berikut ini beberapa penjelasan mengenai manfaat buah mentimun bagi kesehatan dan cara pemanfaatnnya:

1 Diare pada anak
Anak-anak seringkali makan makanan atau jajanan yang kurang higienis, yang menyebakan anak mengalami diare. Salah satu cara pengobatan alami yang patut dicoba yaitu dengan menitumun. Caranya cukup mudah yaitu rebus 1 buah mentimun yang sudah dicuci bersih. kemudian dihaluskan dan disaring airnya, lalu ditambahkan sedikit madu. Terakhir konsumsi ramuan tersebut setiap hari hingga diare sembuh.

2 Mengobati Hipertensi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang ditandai rasa sakit pada kepala. Hipertensi berhubungan erat stroke, yang mana hipertensi diperkirakan salah satu gejala awal dari stroke. Mentimun ini dapat digunakan untuk mengobati hipertensi, karena salah satu manfaatnya dapat menurunkan tekanan darah. Dengan mengkonsumsi 1 buah mentimun secara rutin dipercaya dapat menurunkan hipetensi. Cara mengkonsumsinnya bisa di makan secara langsung layaknya makan buah apel atau juga dapat dijadikan jus dengan sedikit tambahan madu. Untuk menambah kesegarannya anda juga dapat menambahkan es batu.

3 Mengobati jerawat, menghaluskan kulit wajah, menghilangkan noda hitam

Seperti yang telah disebutkan di atas sejak daman dahulu mentimun sudah dimanfaatn untuk perawatan kencatikan kulit wajah. Cara pemanfaatannya dengan cara menjadikan mentimun sebagai bahan pembuatan masker. Pembuatan masker ini sangatlah mudah yaitu dengan memblender 1 buah mentimun dengan sedikti air. Setelah itu, masker mentimun dibalurkan keseluruh wajah. Masker dibiarkan mengering kurang lebih selama 30 menit, lalu dibilas dengan air hingga bersih. Dengan rutin menggunakan masker mentimun kulit wajah akan menjadi sehat dan cantik alami.

4 Mencegah penyakit ginjal
Mentimun juga dipercaya dapat mencegah penyakit ginjal, karena mentimun banyak mengandung air yang sangat baik bagi ginjal. Langkah pencegahannya juga sangat mudah sama dengan lengkah pengobatan hipertensi. Yaitu mentimun bisa di makan secara langsung layaknya makan buah apel atau juga dapat dijadikan jus dengan sedikit tambahan madu. Untuk menambah kesegarannya anda juga dapat menambahkan es batu.

5 Obat Tifus
Penyakit tifus merupakan penyakit yang disebabkan oleh Salmonella Typhosa. Bakteri ini masuk ke dalam perut bersama dengan makanan yang sudah terkontaminasi. Untuk mengobati tifus langkahnya sebagai berikut ambil 2 buah mentimun dicuci bersih, kemudian parut atau diblender. Hasil parutan diperas, lalu air perasan tersbut diminum sekaligus. Ulangi langkah pengobatan tersebut secara rutin 3 kali sehari hingga tubuh sehat kembali.

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat mentimun untuk kesehatan. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman dan saudara supaya nambah ilmu dan wawasan, semoga bermanfaat...

0 Komentar Untuk "5 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan Tubuh"

Post a Comment