IBX5980432E7F390 CARA AMPUH MENGATASI ANAK SUSAH MAKAN - AYO NAMBAH ILMU

CARA AMPUH MENGATASI ANAK SUSAH MAKAN

Mengatasi Susah Makan - Anak susah makan merupakan salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh para ibu. Beragam cara telah dicoba tapi tidak menemui hasil untuk mengatasi anak sulit makan. Tidak jarang hal ini membuat para ibu mnejadi tertekan dan stres dalam menghadapi si kecil. Ibu dibayangi kekhawatiran akan kecukupan gizi si buah hati.

Makanan mulai diperkenalkan kepada si kecil saat usianya sudah mencapai 6 bulan. Saat inilah merupakan awal yang penting dalam mengatur pola makan anak. Mulai dari memberikan bubur, sari buah kemudian bertahap ke tekstur yang lebih padat misalnya nasi tim, dan seterusnya. Biasanya proses tersebut tidak berjalan dengan mulus, terjadi beberapa masalah yang membuat buah hati susah makan.
Masalah tersebut biasanya berupa menolak makanan, tidak suka sayur atau buah, dan hanya  makan yang itu-itu saja.


Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Penyebab anak sulit makan dapat bersal dari faktor fisik, faktor psikis, maupun keduanya. Faktor fisik yang berupa gangguan pada organ pencernaan maupun terdapat infeksi dalam tubuh anak. Sedangkan faktor psikis  meliputi gangguan psikologis pada buah hati, misalnya kondisi rumah tangga yang bermasalah, tidak pernah makan bersama orang tua, kondisi makan yang tidak menyenangkan, maupun paksaan terhadap anak untuk makan makanan yang tidak mereka sukai.

CARA AMPUH MENGATASI ANAK SUSAH MAKAN

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk mengatasi anak susah makan.

1. Menyajikan makanan dalam porsi kecil

Sebaiknya memberikan makan kepada si kecil sedikit demi sedikit karena lambungnya belum mampu menampung banyak makanan.

2. Melakukan variasi makanan

Anda dapat membuat beberapa pilihan menu makanan, dan biarkan si kecil memilih sendiri makanan yang disukainya. Biasanya anak lebih suka dengan makanan yang dia pilih.

3. Menyajikan makanan secara menarik

Sajian yang menarik dapat meningkatkan rasa ingin mencoba makanan dari si kecil. Anda dapat membuat bento yang menarik seperti tokoh kartun.

4. Menciptakan suasana makan yang menyenangkan

Orang tua sebaiknya menghindari  mengancam, menghukum, atau menakut-nakuti anak agar makan lebih banyak. Mengancam, menghukum, atau menakut-nakuti dapat menimbulkan trauma psikologis yang justru membuat anak menghindari untuk makan.

5. Makan secara teratur

Jadwal makan yang teratur akan membuat si buah hati terbiasa dengan waktu makannya. Sama halnya degan jadwal waktu mandi, tidur dan sebagainya.

6. Membatasi pemberian minuman di sela-sela waktu makan

Bila anak terlalu banyak minum maka tidak ada tempat yang cukup bagi makanan sehat bisa masuk keperut si anak. Hal tersebut membuat anak merasa kenyang sehingga malas untuk makan.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi anak susah makan. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman dan saudara supaya nambah ilmu dan wawasan, semoga bermanfaat...

Baca juga artikel menarik yang lainnya, Makanan untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

0 Komentar Untuk "CARA AMPUH MENGATASI ANAK SUSAH MAKAN"

Post a Comment