IBX5980432E7F390 Cara Membuat Jamu Kunyit Asam Sehat Alami - AYO NAMBAH ILMU

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam Sehat Alami



Jamu Kunyit Asam - Jamu Kunyit Asam merupakan jamu tradisional asli warisan nenek moyang tanah jawa yang berbahan dasar  dari kunyit dan asam jawa yang terkenal banyak memiliki fungsi untuk kebaikan tubuh kita terutama bagi kecantikan kaum wanita. Jamu kunyit asam dapat melancarkan dan mengurai rasa nyeri menstruasi, dan sebagai pelangsing yang alami. Selain itu, juga mengandung anti oksidan dan akan akan senyawa aktif yang mampu mencegah tubuh dari mutasi sel penyebab kanker. Dan yang tidak kalah penting jamu kunyit asam juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam Sehat Alami

Bahan :
-     1/2 Kg Kunyit
-     1/4 Gula jawa
-     1/2 Kg Asam Jawa
-     2 Liter Air
-     Sepucuk Sendok Teh Garam Dapur

 Cara Membuat :
  1.  Bersihkanlah kunyit kemudian diparut atau diblender. Selanjutnya kunyit yang telah diparut disaring dan diperas diambil sari-sarinya.
  2.  Rebuslah air perasan kunyit tadi dengan menambahkan asam jawa, garam dan gula hingga campuran benar-benar mendidih sambil diaduk-aduk.
  3.  Setelah mendidih, angkatlah dan dinginkan.
  4.  Jamu kunyit asem sehat alami siap untuk diminum, lebih segar bila ditambahkan es batu.

Manfaat jamu kunyit asam sehat alami


Bagi pecinta jamu, kunyit asam merupakan salah satu jamu yang favorit. Perpaduan asam dan manis yang menyegarkan tanpa rasa getir dan rasa pahit seperti jamu-jamu yang lainnya membuat jamu kunyit asam banyak digemari orang. Disamping rasanya yang enak ternyata jamu kunyit asam dapat membuat tubuh langsing.

Sudah sejak dulu kala jamu kunyit asam dipercaya secara turun-temurun dapat mengatasi berbagai keluhan yang dialami oleh kaum perempuan. Yang mana kunyit asam dipercaya mengatasi masalah menstruasi.


Sebenarnya apakah yang terkandung dalam jamu kunyit asam tersebut hingga dipercaya mampu membuat tubuh wanita menjadi langsing?

Sesuai dengan namanya, jamu kunyit asam memiliki bahan utama berupa rimpang atau akar kunyit dan buah asamm jawa. Kadangkala juga ditambahkan dengan daun sinom atau daun asam jawa yang masih muda. Kandungan dari jamu kunyit asam yaitu berupa zat kurkumin yang amat tinggi, mengandung banyak vitamin C, minyak atsiri, karbohidrat, protein, dan beberapa zat mineral seperti fosfor, kalsium, dan zat besi.


Orang jawa lebih sering menyebut Kunir Asem dibandingkan jamu kunyit asam. Jamu kunyit asam rasanya amat segar dan dipercaya dapat menjaga badan tetap sehat dan mengurangi kegemukan bila dikonsumsi secara teratur. Kandungan kurkumin didalamnya efektif dalam mencegah dan mengobati luka lambung. Sedangkan minyak atsirinya berkhasiat sebagai anti inflamasi.


CARA MEMBUAT JAMU KUNYIT ASAM

Mulai dulu kaum hawa minum ramuan kunyit asam untuk memperlancar haid. Hasil studi mengungkapkan bahwa kunyit mempunyai kemampuan untuk mendorong hati agar lebih banyak menghasilkan enzim empedu pemecah lemak, dan asam jawa  juga dapat memacu denyut jantung lebih cepat agar peredaran darah semakin lancar.

Sehingga kombinasi kunyit dengan asam dapat mempermudah proses metabolisme tubuh yang mana peredaran darah menjadi lancar, lemak berkurang, dan oksigen mudah mengalir di dalam tubuh. Mengkonsumsi kunyit asam secara rutin dan teratur juga dapat melangsingkan tubuh.

Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman dan saudara supaya nambah ilmu dan wawasan, semoga bermanfaat...

 Baca juga artikel menarik yang lainnya, Cara Membuat Jamu Beras Kencur.

0 Komentar Untuk "Cara Membuat Jamu Kunyit Asam Sehat Alami"

Post a Comment