IBX5980432E7F390 CONTOH SURAT LAMARAN KERJA BAIK DAN BENAR FULL - AYO NAMBAH ILMU

CONTOH SURAT LAMARAN KERJA BAIK DAN BENAR FULL


Surat Lamaran Kerja - Surat lamaran kerja merupakan surat yang dibuat dengan tujuan untuk menyampaikan lamaran pekerjaan kepada perusahaan atau instasnsi yang menawarkan lowongan pekerjaan. Surat lamaran ini merupakan salah satu syarat utama dalam melamar pekerjaan. Dalam sebuah iklan lowongan kerja perusahaan selalu meminta kepada pelamar untuk mengirimkan lamaran yang berisi surat lamaran, cv dan syarat lain yang telah ditentukan.


Dalam menuliskan lamaran bisa dikatakan gampang-gampang susah, karena surat lamaran ini merupakan kesempatan pertama kita dalam memberikan kesan kepada perusahaan atau instansi yang dilamar. Bila kita dapat memberikan kesan yang baik kepada instansi yang dilamar kesempatan kita untuk maju ketahap selanjutnya semakin besar, begitu juga sebaliknya bila gagal dalam memberikan kesan baik bisa jadi kita berhenti sampai tahap awal saja.


Perlu diketahui jika surat lamaran yang ditulis tangan dapat menggambarkan karakter seseorang. Tulisan tersebut dapat dibaca karekternya oleh personalia yang menguasi ilmu “grafologi”. Bila karakternya kurang menarik atau tidak sesuai dengan posisi yang ada maka personalia tidak akan meluluskan pada tahapan selanjutnya.


Lalu bagaimana dengan lamaran kerja yang di ketik? Jika surat lamaran diketik biasanya yang dibaca adalah penyusunan dan pemilihan kata yang digunakan dalam suarat lamaran tersebut. Jadi bila membuat surat lamaran yang diketik usahakan menggunakan format benar dan pemilihan kata yang baik. Gunakanlah bahasan yang sopan dan hindari pemilihan kata yang seolah-olah menyombongkan diri. Misalnya” Saya adalah oleh yang ahli di bidang komputer, menguasai segala macam program”. Bayangkan jika anda menjadi bagian personalia, apakah anda akan menerimi orang yang semacam ini.


Kesan pertama yang baik menjadi hal yang penting dalam menulis surat lamaran. Selian itu, isi surat lamaran haruslah rapi, menggunakan kata yang menarik dan tidak bertele-tele atau to the point. Surat lamaran yang masuk banyak sekali jumlahnya, tentu bagi bagian personalia itu adalah suatu pekerjaan yang sedikit membosankan karena harus membaca dan menyeleski dari sekian surat lamaran tadi. Jika melihat surat lamaran yang begitu panjang dan bahasanya bertele-tele tentu orang akan malasn membacanya. Hal ini akan berbeda bila surat lamaran ringkas dan langsung pada intinya, tentu surat semacam inilah yang berkemungkinan besar akan diberi kesempatan.


Ditulis tangan atau diketiknya surat lamaran, biasanya telah ditentukan oleh perusahaan atau instansi tersebut. Untuk CPNS sering kali diminta untuk ditulis tangan, nah bila perusahaan lain ada yang ditulis tangan ada juga yang diketik. Sedikit saran bila tidak ada ketentuan sebaiknya ditulis tangan, karena hal ini menunjukkan keseriusan anda dalam melamar kerja. Akan tetapi bila instasi tersebut berhubungan dengan komputer atau IT maka langkah yang tepat adalah dengan diketik, yang mana sedikit menunjukka bahwa anda juga menguasai IT.



Cara Menulis Surat Lamaran Kerja


Berikut ini adalah tips singkatnya membuat surat lamaran kerja:
1.       Pilih format penulisan yang benar dan gunakan bahasa yang baik
2.       Gunakanlah bahasa yang sopan
3.       Bila ditulis tangan, usahakan ditulis serapi mungkin
4.       Menyiapkan syarat-syarat yang diminta
5.       Sertakan sertifikat pendukung lainnya


Pada dasarnya surat lamaran terdiri dari tiga bagian penting, yaitu:
 
1.       Pembuka Surat
Pada bagian ini berisi asal atau darimana informasi tentang lowongan kerja didapatkan, melalui media ataupun informasi dari teman atau ssaudara.

2.       Isi Surat
Berisi data diri singkat, syarat-syarat pendukung seperti ijazah, dan sedikit promosi diri kita seperti ketrampilan dan atau pengalaman kerja yang dimiliki.

3.       Penutup Surat
Pada bagian akhir ini berisi harapan kita sebagai pelamar untuk dapat diterima atau setidaknya diberikan kesempatan wawancara dan ucapan terima kasih.



Contoh surat lamaran kerja





0 Komentar Untuk "CONTOH SURAT LAMARAN KERJA BAIK DAN BENAR FULL"

Post a Comment