ANDA SERING DUDUK LAMA? WASPADALAH, BERIKUT INI 5 BAHAYA YANG MENGINTAI ANDA



Bahaya Duduk Terlalu Lama - Duduk adalah rutinitas yang sering dilakukan oleh semua orang di segala usia. Banyak waktu telah dihabiskan pada kegiatan yang satu ini. Berbagai faktor yang menjadi penyebabnya. Untuk pekerja kantor, banyak pekerjaan yang harus mereka selesaikan dengan duduk di depan meja kerja. Demikian juga bagi mereka yang ingin berselancar, duduk selama berjam-jam dan mereka tidak pernah menyadari.

Tanpa Anda menyadarinya, kebiasaan ini perlahan-lahan akan merusak kesehatan tubuh. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Ketika Anda duduk lama, pembakaran lemak enzim dalam otot berhenti bekerja. Hal ini menyebabkan kadar kolesterol melambung, begitu pula risiko penyakit jantung. Ini adalah hasil terburuk jika Anda duduk 8-10 jam dengan posisi yang sama dan tidak segera menyadari kebiasaan buruk ini.

1. Sakit punggung

Kebiasaan duduk terlalu lama biasanya dialami oleh orang-orang di kantor. Salah satu hasil duduk terlalu lama adalah sakit pinggang atau tulang belakang secara keseluruhan. Ini karena otot-otot menjadi kaku dari duduk terlalu lama.

2. Fungsi gangguan metabolisme

Menurut sebuah studi, duduk selama berjam-jam pada suatu waktu dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh. Efeknya adalah penurunan kolesterol dalam tubuh. Hal ini akan mengakibatkan masalah kesehatan secara keseluruhan.

3. Peningkatan risiko diabetes

Wanita yang duduk selama 7 jam sehari memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengembangkan diabetes. Jika kebiasaan ini dilakukan rutin secara terus-menerus setiap hari, kemudian bersiap-siaplah untuk menderita penyakit ini.

4. Nyeri di leher

Duduk dalam posisi tegak untuk jam akan menyebabkan nyeri di leher. Rasa sakit ini disebabkan karena peradangan sendi tulang belakang.

5. Mati muda

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin lama Anda duduk, pendek usia Anda tetap. Hal ini karena duduk selama berjam-jam akan mengembangkan lemak darah dan juga meningkatkan tingkat kolesterol. Risiko apa yang terjadi adalah Anda dapat terkena kardiovaskular penyakit serangan jantung dan penyakit lain yang dapat menyebabkan kematian.



Tips Mengataasi Masalah Kesehatan Karena Duduk Terlalu Lama

Tapi semua berita buruk itu dapat diatasi, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghindari atau mengataasi masalah kesehatan yang disebabkan oleh duduk terlalu lama, yaitu:

1. memperbanyak minum air
Air minum adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan berbagai efek buruk karena tempat duduk yang berkepanjangan. Minum banyak air akan membantu mempercepat metabolisme dalam tubuh. Selain itu langkah ini adalah juga untuk mensiasati  anda agar bisa menjalakan aktivitas fisik ringan seperti berjalan untuk mengambil air dan buang air kecil. Sebaiknya anda hanya minum air yang telah disaring steril dan benar.

2. berdiri sebentar setiap 30 menit sekali
Berdiri atau melakukan kegiatan ringan setiap 30 menit bertujuan untuk membuat tubuh Anda bersantai sejenak dari kekakuan otot.

3. gunakan tangga
Daripada menggunakan lift, lebih baik menggunakan tangga sebagai olahraga ringan. Dapat membuat tubuh Anda lebih sehat

4. gunakan Meja / kursi yang fleksibel
Jika mungkin, gunakan meja / kursi yang dapat disesuaikan tingginya sehingga dapat direposisi atau diatur ulang untuk digunakan ketika duduk atau berdiri.

5. mendekati rekan kerja Anda
Langsung ke rekan-rekan Anda jika Anda ingin mengatakan sesuatu daripada menggunakan telepon atau pesan instan seperti SMS dan BBM.

Selain itu Anda disarankan untuk melakukan aktivitas fisik yang teratur, seperti berjalan selama 30 menit setiap hari. Cobalah untuk mengurangi tempoh duduk agar tidak melebihi 8 jam per hari. Dan yang paling penting, jangan lupa untuk minum cukup air dan latihan tekun yang meningkatkan gerakan tubuh bagian atas, seperti berenang. Bekerja dengan lancar, kesehatan dipertahankan.

Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman dan saudara supaya nambah ilmu dan wawasan, semoga bermanfaat...

0 Response to " ANDA SERING DUDUK LAMA? WASPADALAH, BERIKUT INI 5 BAHAYA YANG MENGINTAI ANDA"

Post a Comment