Sungguh Mengejutkan, Inilah Efek Memandikan Anak dengan Air Dingin.

Mandi Air Dingin – Mandi merupakan salah satu sarana untuk mejaga kebersihan tubuh, termasuk juga bagi anak. Pada umumnya anak dimandikan sebanyak dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Sering kali Ibu memandikan anaknya menggunakan air hangat supaya si kecil tidak menggigil kedinginan.

Sebagai seorang ibu kita pasti tidak tega melihat buah hati menggigil kedinginan, sehingga meskipun harus memanaskan air terlebih dahulu tetap saja dilakukan dengan senang. Tapi tahukah anda bila mandi dengan air dingin memberikan manfaat yang baik bagi si kecil? Berikut ini penjelasannya.

Mandi dengan air dingin dapat memaksa tubuh si kecil untuk mengeluarkan energi yang lebih besar guna menghangatkan badannya. Sehingga metabolisme tubuh anak akan dipacu lebih keras untuk menghasilkan energi tersebut. Hal ini sangat baik bagi tumbuh kembang buah hati anda.

Hasil beberapa studi menyatakan bahwa mandi dengan air dingin dapat meningkatkan jumlah sel darah putih jika dibandingkan dengan mandi menggunakan air yang hangat. Sel darah putih berfungsi untuk imunitas dan menjaga kesehatan tubuh dari serangan kuman penyakit. Sehingg dengan meningkatnya sel darah putih dapat dikatakan bahwa tubuh si kecil dapat menjadi kebih sehat.


Manfaat mandi air dingin bagi anak

Meskipun begitu tidak setiap saat anak dapat dimandikan dengan air dingin, tetap ada syarat yang harus dipenuhi sebelum anak dimandikan dengan air dingin. Syarat yang paling penting adalah kita tidak tinggal di daerah yang bersuhu dingin seperti di daerah pegunungan, dan tidak sedang berada pada musim dingin atau juga pada musim penghujan. Sebaiknya bunda memandikan dengan air dingin hanya sekali saja dalam satu hari, pagi saja atau sore saja. Pilihlah yang mana kiranya udara sedang panas atau tidak dingin.

Yang tidak kalah penting adalah kondisi kesehatan si kecil, anak harus benar-benar dipastikan dalam kondisi yang sehat dan bugar. Karena bila kondisi anak sedang tidak baik maka dapat menyebabkan anak menjadi sakit. Khusus bagi bayi, baru boleh mandi menggunakan air dingin bila sudah berusia di atas dua bulan.

Akan tetapi hal ini tidak berlaku untuk bayi yang lahir secara prematur. Hal tersebut dikarenakan kulit bayi prematur masih tipis dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dapat beradaptasi dengan kondisi lingkungan sekitar. Bayi yang lahir prematur dikhawatirkan dapat mengalami kedinginan atau hipotermia yang dapat mengakibatkan terhambatnya tumbuh kembang anak.

Semoga informasi ini bemanfaat bagi anda, baca juga artikel menarik yang lainnya: Terlalu lama menangis kecerdasan anak menurun.



0 Response to "Sungguh Mengejutkan, Inilah Efek Memandikan Anak dengan Air Dingin."

Post a Comment