7 MANFAAT BUAH APEL YANG BISA ANDA AMBIL UNTUK HIDUP LEBIH SEHAT


7 MANFAAT BUAH APEL YANG BISA ANDA AMBIL UNTUK HIDUP LEBIH SEHAT
Apel memiliki nama Latin Pyrus Malus dan milik keluarga Rosaceae. Selain rasa yang enak, manis dan menyegarkan, ternyata apel juga kaya nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat apel untuk pengobatan diantaranya yaitu, untuk mengobati sembelit, mengobati diare dan untuk mengatasi diabetes. Sementara itu, manfaat kesehatan dari apel untuk kesehatan yaitu memperlancar sistem pencernaan, menangkal radikal bebas, mencegah kanker, gigi menjadi sehat, mencegah penyakit Alzheimer.


Selain senyawa pektin, satu apel ukuran 100 gram juga mengandung banyak nutrisi. Antara kalori (58 kalori), hidrat arang (14.9 g), lemak (0.4 gram), protein (0.3 gram), kalsium (6 mg), fosfor (10 mg), besi (0.3 mg), Vitamin A (90 SI), Vitamin B1 (0,04 mg), vitamin C (5 mg) dan air (84%).

Dengan kandungan nutrisi di atas, apel memiliki banyak manfaat kesehatan bgi. Antara seperti berikut:

1. Sistem pencernaan
Makan apel minimal dua buah sehari dapat membantu mencegah penyakit pada sistem pencernaan, seperti sembelit dan diare. Hal ini karena serat dalam apel membantu menyerap air di usus dan sistem pencernaan lancar.

2. Diabetes
Apel dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi diabetes. Caranya mudah saja, ambilah satu apple sudah matang yang ukurannya medium. Kemudian dibagi menjadi empat bagian dan direbus dengan 3-4 cangkir air mendidih dan airnya menyusut menjadi 2 cangkir. Saring air, kemudian minum dua kali sehari setiap pagi dan sore.

3. Kaya antioksidan
Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Sebuah studi baru menemukan quercetin mampu meningkatkan immunitas, terutama ketika seseorang mengalami depresi.


4. Mencegah risiko Alzheimer
Studi pada Mencit menunjukkan bahwa mengkonsumsi jus apel dapat mencegah penuaan otak. Tikus dalam studi yang makan apel menunjukkan hasil tes yang lebih baik dalam hal kemampuan kognitif dibandingkan dengan yang tidak makan apel.

5. Kesehatan gigi
Menggigit dan mengunyah apel dapat merangsang produksi air liur di mulut. Ini akan mengurangi kemungkinan gigi menjadi keropos dan mengurangi tingkat bakteri dalam mulut.

6. Mencegah katarak
Studi jangka panjang menunjukkan bahwa orang-orang yang makan diet kaya buah-buahan antioksidan seperti apel memiliki risiko menderita katarak 10-15 persen lebih sedikit.

7. Mengurangi resiko kanker
Para peneliti di Cornell University telah mengidentifikasi beberapa senyawa yang disebut triterpenoids yang ditemukan di kulit apel. Senyawa ini diketahui menghambat pertumbuhan sel kanker hati, usus besar dan kanker payudara.

Selain apel lezat, ternyata juga memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Itu hanya pas yang Anda berikan satu buah ini untuk konsumsi sehari-hari dengan keluarga tercinta. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman dan saudara supaya nambah imlu dan wawasan, semoga bermanfaat...


0 Response to "7 MANFAAT BUAH APEL YANG BISA ANDA AMBIL UNTUK HIDUP LEBIH SEHAT"

Post a Comment