MASIH MENYEPELEKAN KURANG MINUM AIR PUTIH? INILAH 5 BAHAYA YANG MENGANCAM

MASIH MENYEPELEKAN KURANG MINUM AIR PUTIH? INILAH 5 BAHAYA YANG MENGANCAM - Makan dan minum merupakan aktivitas vital yang tidak bisa ditinggalkan manusia dalam waktu yang lama. Tanpa makan manusia akan kekurangan sumber tenaga untuk beraktivitas. Begitu juga tanpa air minum tubuh akan menjadi lemas dan tidak bertenaga.

Sebenarnya apa sajakah manfaat air putih bagi tubuh kita? Air putih banyak sekali manfaatnya bagi kita diantaranya yaitu, memperlancar pencernaan, menjaga kesegaran tubuh, detoksifikasi racun melalui urine dan keringat. Selain itu, air puith juga befungsi sebagai pelarut, sebagai pengatur suhu tubuh, katalisator, sebagai pelumas, yang tak kalah penting sebagai sumber elektrolit dan sumber mineral.

Seringkali kita minum hanya disaat merasa haus saja, padahal ini adalah suatu kesalahan besar. Rasa haus merupakan sinyal dari otak yang menunjukkan tubuh sudah sangat membutuhkan cairan, bisa dikatakan ini sudah terlambat. Seharusnya anda sudah minum sebelum anda merasakan haus.

Idealnya tubuh manusia membutuhkan air putih sebanyak 8 gelas perhari atau sekitar 2 liter. Apakah yang terjadi bila kita kurang minum air putih? Berikut ini adalah beberapa bahaya yang mengancam bila kita kurang minum air putih:

1 Fungsi Otak Terganggu
Kurang minum air putih menyebabkan cairan di otak menjadi menurun, dengan menurunnya cairan tersebut menyebabkan asupan oksigen bagi otak juga berkurang. Dampaknya sel-sel otak menjadi tidak aktif, bahkan yang lebih parah lagi dapat menyebabkan sel otak menjadi mati. Selain itu, kurangnya oksigen menyebabkan ngantuk dan konsentrasi berkurang. Kurang konsentrasi ini dapat menyebabkan bahaya yang lebih besar yaitu kecelakaan, salah satu penyebab kecelakaan terbesar adalah kurang konsentari.

2 Infeksi Pada Kantung Kemih

Kandung kemih perlu cairan yang cukup untuk melakukan sekresi dengan baik. Cairan yang kurang dapat menyebabkan infeksi pada kantung kemih yang menyebabkan rasa nyeri pada saat buang air kecil. Bahkan pada kondisi yang parah sering kali disertai darah dalam urine yang dikeluarkan.

3 Fungsi Ginjal Terganggu
Ginjal memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh, yaitu untuk menyaring darah. Kurangnya minum air putih menyebabkan darah menjadi lebih kental, hal ini akan menyebabkan ginjal bekerja lebih berat dari pada biasanya. Apabila hal ini berlangsung lama maka dapat menyebabkan gagal ginjal. Ginjal merupakan organ tubuh yang paling sulit untuk beregenerasi,  jika ginjal sudah sakit maka akan sulit untuk di sembuhkan. Satu-satunya cara untuk mengatasi gagal ginjal hanyalah cuci darah.

4 Kulit Tampak Kusam
Kurang minum air putih menyebabkan cairan pada sel berkurang yang pada akhirnya dapat menyebabkan sel kulit menjadi mati. Banyaknya sel kulit yang mati inilah yang menyebabkan kulit wajah menjadi kusam. Contoh yang paling nyata adalah saat kita mengalami kehausan maka bibir akan menjadi kering dan pecah-pecah.

5 Berbagai Gangguan Kesehatan
Kurang minum air putih juga menyebabkan berbagai gangguan kesehatan berikut ini yaitu terasa haus, tenggorokan terasa kering, suhu badan menjadi panas, sakit kepala, gejala halusinasi, denyut badi menjadi cepat, air kencing berwarna pekat dan juga berakibat fatal kematian.

Itulah beberapa bahaya yang mengancam bila kita kurang minum air puith. Berikut ini beberapa tips untuk mencegah bahaya tersebut:
- Minum air puith secara teratur, 2 gelas sesudah bangun tidur, 2 gelas menjelang tidur, dan 1 gelas di tengah hari
- Usahakan minum air putih setelah makan
- Perbanyak konsumsi buah, terutama yang banyak mengandung air sperti semangka
- Jangan tunggu haus untuk minum air putih

Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman dan saudara supaya nambah ilmu dan wawasan, semoga bermanfaat...

0 Response to "MASIH MENYEPELEKAN KURANG MINUM AIR PUTIH? INILAH 5 BAHAYA YANG MENGANCAM"

Post a Comment