10 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Pepaya - Pepaya memiliki nama latin Carica papaya dan tergolong ke dalam famili Caricaceae. Buah pepaya berasal dari daerah Meksiko dan umumnya ditanam di kebun atau di pekarangan rumah. Buah pepaya yang telah matang berwarna orange atau ada pula yang berwarna kuning. Rasanya dari buah pepaya manis dan segar karena mengandung banyak air.

Meskipun buah pepaya tergolong buah yang relatif murah dan gampang didapat, akan tetapi janganlah memandang remeh soal khasiat buah ini. Sejak dari dulu, buah pepaya ini diyakini memberikan banyak manfaat dan kegunaan bagi manusia. Baik bagi kesehatan maupun kecantikan kulit.

Kandungan Nutrisi Buah Pepaya

Berikut ini adalah kandungan gizi dan nutrisi dalam buah pepaya ini:
Vitamin A (1.750 IU)
Lemak (0.1 gr)
Karbohidrat (10 gr)
Protein (0.6 gr)
Vitamin B ( 0.03 mg)
Riboflavin (0.04 mg)
Fosfor (16 mg)
Kalium (470 mg)
Kalori (39 kal)
Niacin (0.3 mg)
Vitamin C (56 mg)
Kalsium (20 mg)
Zat Besi (0.3 mg)

Manfaat dan Khasiat Buah Pepaya

Karena banyaknya kandungan nutrisi dan gizi di dalamnya, buah pepaya ini menjadi buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Berikut ini beberapa khasiat kesehatan buah pepaya bagi tubuh manusia.

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan
Buah pepaya di dalamnya mengandung enzim papain dan serat yang mampu membantu mengatasi masalah pada lambung dan gangguan pencernaan, seperti susah buang air besar (BAB) dan efektif guna mencegah wasir. Penelitian juga memberikan bukti bahwa kandungan papain di dalam buah pepaya mampu membasmi parasit yang mengganggu kegiatan pencernaan dalam usus manusia.

2. Menjaga Kesehatan Ginjal
Selain buahnya yang berkhasiat, biji pepaya juga di dalamnya juga mengandung nutrisi penting bagi kesehatan. Biji pepaya banyak mengandung phenotic dan flavonoid, merupakan zat aktif yang berperan besar dalam menjaga kesehatan ginjal kita.

3. Mencegah Flu
Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah pepaya mampu memperbaiki sistem kekbalan atau imunitas tubuh dan mencegah dari serangan penyakit seperti halnya batuk, pilek, hingga kanker.


4. Mempertajam Penglihatan

Jika Anda mempunyai masalah dengan kesehatan mata, selayaknya anda sering - seringlah mengonsumsi buah pepaya ini. Buah ini banyak mengandung betakaroten yang mampu dikonversi menjadi vitamin A, yang berguuna menjaga kesehatan mata Anda.

5. Mencegah Serangan jantung dan Stroke
andungan antioksidan yang banyak pada buah pepaya mampu mencegah oksidasi kolesterol, sehingga bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti halnya serangan jantung dan stroke.


6. Kesehatan Kulit
Kandungan vitamin C, A, dan E sendiri sangat baik bagi kesehatan kulit. Selain mampu membantu melembabkan, vitamin - vitamin tersebut juga mampu membantu mengembalikan kulit yang kusam menjadi cerah dan lebih segar kembali.

7. Mencegah penuaan dini
Kandungan antioksidan yang ada di dalam pepaya berguna menangkal zat radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai masalah pada kulit, seperti seperti flek, keriput, dan sebagainya.

8. Antiradang
Kandungan papain dan chymopapain yang mampu meredakan peradangan serta mempercepat penyembuhan pada luka bakar. Khasiat inilah yang kemudian bisa dimanfaatkan guna membantu menyembuhkan berbagai luka pada kulit, psoriasis dan bermacam penyakit kulit lainnya.

9. Vitalitas Pria
Kandungan enzim arginine yang terdapat di dalam pepaya, efektif meningkatkan aliran darah di area vital kaum adam. Arginine menekan asam nitrat tubuh guna merilekskan otot-otot di area sekitar pembuluh darah, sehingga Si Anu membesar karena aliran darah di area tersebut lancar.

10. Kesehatan Pencernaan

Selain dapat memperlancar buang air besar, pepaya ternyata juga mampu membantu membersihkan usus Anda dari berbagi racun yang tanpa sengaja diserap oleh tubuh. Kandungan serat dan antioksidan dalam pepayalah yang mampu mengangkat dan membersihkan usus, serta membawanya keluar melalui saluran pembuangan.
Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

Nah, itulah beberapa khasiat dan manfaat dari buah pepaya.Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman dan saudara supay nambah ilmu dan wawasan. Semoga bermanfaat...

0 Response to "10 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan"

Post a Comment